flashdisk aman dari malware

Berbagai Tips Mudah Flashdisk Aman dari Malware

TEKNOLOGI

BERBAGAITIPS – Flashdisk merupakan salah satu hardware yang masih banyak digunakan sebagai media penyimpanan, transfer data, bootable flashdisk windows untuk mereparasi komputer atau laptop dan masih banyak lagi kegunaannya. Kali ini BERBAGAITIPS akan membagikan tips mudah agar flashdisk aman dari malware.

Hasil riset dari perusahaan keamanan cyber, Kaspersky Lab, mengungkapkan bahwa flashdisk cukup beresiko tinggi dalam hal penyebaran malware. Jumlah korban pendistribusian malware dengan flashdisk penambang crypto meningkat setiap tahunnya. Kaspersky Lab menyarankan beberapa langkah mudah untuk mengamankan penggunaan flashdisk dan media eksternal lainnya agar aman dari malware.

  • Hati-hati dengan perangkat yang dihubungkan ke komputer atau laptop Anda. Dengan mengetahui penggunaan perangkat tersebut sebelumnya, akan menjadi sebuah opsi yang lebih bagus untuk menjaga flashdisk tetap aman dari malware.
  • Gunakan flashdisk terenkripsi dari merk terpercaya. Dengan cara ini, Anda akan mengetahui bahwa data yang tersimpan benar-benar aman bahkan jika kehilangan perangkat tersebut.
  • Pastikan semua data yang disimpan pada flashdisk terenkripsi dengan benar.
  • Memiliki solusi keamanan yang dapat memeriksa semua media eksternal untuk mendeteksi serangan malware sebelum perangkat terhubung ke jaringan. Bahkan merk terpercaya sekalipun dapat menerima ancaman melalui rantai pasokan yang tersedia.

BACA JUGA: BERBAGAI TIPS SEDERHANA UNTUK MEMBUAT KOMPUTER BEKERJA LEBIH CEPAT

flashdisk aman dari malware
Foto:Malware

Saran Bagi Perusahaan Agar Flashdisk Aman dari Malware

Kaspersky Lab juga memberikan saran tambahan untuk para perusahaan yang menggunakan flashdisk ini agar aman dari malware, yakni:

  • Kelola penggunaan perangkat USB, tentukan perangkat USB mana yang dapat digunakan, oleh siapa dan untuk apa.
  • Mengedukasi karyawan tentang cara penggunaan USB yang aman, terutama jika karyawan tersebut menggunakan USB antara komputer di rumah dengan perangkat kerja.
  • Hindari meletakkan USB di sembarang tempat.

Dengan beberapa saran diatas, semoga dapat membantu Anda dalam menjaga flashdisk Anda aman dari serangan malware. Karena dengan masuknya malware ke komputer atau laptop Anda dapat menyebabkan kerusakan pada sistem komputer ataupun laptop dan memungkinkan terjadinya pencurian data atau informasi.

BACA JUGA: BERBAGAI TIPS MEMBUAT PASSWORD YANG KUAT DAN AMAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *