Cara Menulis Surat Pengantar untuk Perubahan Karir

Cara Menulis Surat Pengantar untuk Perubahan Karir

LAIN - LAIN

BerbagaiTips – Cara Menulis Surat Pengantar untuk Perubahan Karir akan dibagikan oleh berbagaitips.com. Memulai perubahan karier, kecil atau besar, bisa melumpuhkan. Terlepas dari alasan perubahan karier yang Anda inginkan, Anda harus sangat jelas tentang ‘mengapa’ Anda membuat perubahan. Ini sangat penting karena Anda perlu memiliki kejelasan dan percaya diri dalam arah karier Anda untuk meyakinkan pengusaha mengapa Anda paling cocok untuk peran atau industri baru.

Surat pengantar perubahan karier yang dibuat dengan baik dapat mengatur nada dan menyoroti aspirasi profesional Anda dengan menunjukkan kisah pribadi Anda. Inilah Cara Menulis Surat Pengantar yang baik dan benar.

Kenali ‘Kenapa’ Anda Berganti Karier

Tips pertama dalam Cara Menulis Surat Pengantar ini ya.

Perubahan karier bisa terasa menakutkan, tetapi tidak harus begitu. Anda dapat mengendalikan dan mengubah karier dengan sukses dengan melakukan riset dan membuat keputusan berdasarkan informasi.

Mengenal orang, pekerjaan, dan industri melalui wawancara informasi adalah salah satu cara terbaik untuk melakukan ini. [1] Menginvestasikan waktu untuk mengumpulkan informasi dari berbagai sumber akan mengurangi beberapa ketakutan bagi Anda untuk benar-benar mengambil tindakan dan membuat perubahan.

Berikut adalah beberapa pertanyaan untuk membantu Anda memperbaiki ‘mengapa’, mencari kejelasan, dan menjelaskan perubahan karier Anda dengan lebih baik:

Apa yang membuat saya puas dalam karier ini?

  • Bagaimana saya ingin pekerjaan berdampak pada hidup saya?
  • Apa yang paling penting bagi saya saat ini?
  • Seberapa besar komitmen saya untuk membuat perubahan karier?
  • Apa yang saya butuhkan lebih dari untuk merasa puas di tempat kerja?
  • Apa yang saya suka lakukan sehingga saya lupa waktu?
  • Bagaimana saya bisa mulai mengeksplorasi opsi perubahan karier saya?
  • Apa yang saya sukai tentang peran atau lingkungan kerja saya saat ini?

Pendahuluan: Mengapa Anda Menulis Surat Pengantar Karier ini?

Tips kedua dalam Cara Menulis Surat Pengantar ini ya.

Buat bagian ini ringkas. Sebutkan peran yang Anda lamar dan sertakan informasi relevan lainnya seperti nomor posting, tempat Anda melihat posting itu, nama perusahaan, dan siapa yang merujuk Anda ke peran itu, jika berlaku.

Contoh:
Saya melamar untuk peran Client Engagement Manager yang diposting di. Silakan temukan pengalaman karir yang relevan yang terlampir pada resume saya.

Meyakinkan Majikan: Mengapa Anda Calon Terbaik untuk Peran Karier itu?

Tips ketiga dalam Cara Menulis Surat Pengantar ini ya.

Meyakinkan majikan bahwa Anda adalah orang terbaik untuk peran itu. Gunakan bagian ini untuk menunjukkan bahwa Anda: telah membaca lowongan pekerjaan, memahami bagaimana keahlian Anda berkontribusi pada kebutuhan perusahaan, dan dapat mengatasi tantangan perusahaan.

Ceritakan kisah pribadi Anda dan buatlah mudah untuk mempekerjakan manajer untuk memahami logika di balik perubahan karier Anda. Menjelaskan dengan jelas alasan perubahan karier Anda akan menunjukkan seberapa bijaksana dan informasi proses pengambilan keputusan Anda terhadap transisi Anda sendiri.

Jujur dalam berkarier

Jelaskan mengapa Anda membuat perubahan karier. Di sinilah Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu Anda menyusun pesan yang jelas.

Berbicaralah dengan ketidakcocokan yang mungkin dirasakan oleh manajer perekrutan, antara pengalaman yang ditunjukkan pada resume Anda dan lowongan pekerjaan, untuk menunjukkan mengapa kekuatan unik Anda membuat Anda lebih berkualitas daripada kandidat lainnya.

Atasi setiap celah karir di resume kami. Apa yang Anda lakukan atau pelajari selama periode itu yang akan menjadi aset bagi peran dan perusahaan?

Contoh:
Saya telah menjadi pendidik bahasa Inggris dan Drama sekolah menengah selama lebih dari 7 tahun. Dalam upaya mengembangkan karier saya ke arah yang baru, saya telah menginvestasikan lebih banyak waktu di luar kelas untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dengan membangun jaringan hubungan yang kuat untuk mendukung program sekolah. Ini termasuk mengelola berbagai kepentingan pemangku kepentingan termasuk bisnis lokal, vendor, siswa, orang tua, kolega, Dewan, dan administrasi sekolah.

Sorot Pencapaian yang Relevan dalam Karier anda

Alih-alih mengulangi apa yang ada di resume Anda, biarkan kepribadian Anda bersinar. Apa yang membuat Anda unik? Apa kekuatan dan karakteristik pribadi Anda yang membuat Anda cocok untuk pekerjaan itu?

Contoh:
Sebagai manajer produksi teater yang ceria, saya dikenal sebagai kolaborator yang luar biasa. Pekerjaan saya dengan perusahaan teater telah mengajarkan saya kemampuan untuk bekerja dengan berbagai kelompok orang. Lingkungan teater menuntut semua orang yang terlibat untuk bekerja sama dan memastikan produksi yang sukses. Ini berarti saya sering perlu berpikir kreatif dan cepat pada kaki saya, dan menggunakan sedikit humor untuk memajukan berbagai hal untuk memenuhi jadwal yang ketat.

Setelah anda pahami ini semua maka mari dicoba Cara Menulis Surat Pengantar ini ya. Terima kasih.

Dibaca juga : 7 Tips Yang Dapat Membantu Dalam Keseharianmu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *