Berbagai Tips Sederhana Melakukan Investasi Bagi Pemula

LAIN - LAIN

Melakukan Investasi Bagi Pemula, Bagaimana Caranya?

BERBAGAITIPS – Sebelum kita masuk ke tips melakukan investasi bagi pemula, apakah Anda sudah tahu apa itu investasi? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, investasi adalah penanaman uang atau modal di suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Sedangkan menurut Investopedia, investasi adalah kegiatan membeli aset atau barang dengan harapan di masa depan akan memperoleh keuntungan. Jadi pada intinya, investasi merupakan upaya menciptakan penghasilan atau keuntungan di masa depan, lewat suatu aksi yang dilakukan pada saat ini.

Nah, di zaman yang modern ini, jumlah peminat investasi semakin banyak dan masih banyak yang tidak tahu bagaimana melakukan investasi dengan bijak dan benar. Tanpa berlama – lama lagi, BERBAGAITIPS akan membagikan sedikit cara melakukan investasi bagi pemula.

Apa Tujuan Investasi Anda?

Tips pertama untuk melakukan investasi bagi pemula ialah mengetahui apa tunjuan investasi Anda terlebih dahulu. Mengetahui tujuan investasi merupakan hal yang penting karena akan memotivasi Anda untuk melakukan investasi secara benar dan terarah. Sebagai contoh, tujuan investasi Anda berupa menginginkan penambahan dana untuk menikah, berinvestasi untuk membayar cicilan KPR rumah,dll.

Setelah Anda mengetahui apa tujuan dari investasi Anda, Anda harus melakukan penelitian mengenai lamanya waktu dan jumlah dana yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut. Jadilah seorang yang realistis agar tujuan Anda berhasil.

Investasi Mulai dari Kecil

Tips berikutnya untuk melakukan investasi bagi pemula, mulailah investasi dari kecil, sedikit demi sedikit, untuk menambah rasa percaya diri Anda, jangan langsung melakukan investasi yang besar tanpa Anda mengetahui apa jenis investasi Anda dan apakah investasi yang Anda pilih merupakan investasi yang sudah terjamin dan memiliki performa yang baik selama lima hingga sepuluh tahun terakhir.

Menerapkan Manajemen Resiko Investasi

Apapun jenis investasi Anda, jangan lupa menerapkan manajemen resiko investasi dengan benar agar meminimalisir resiko kerugian akibat hal-hal yang tidak Anda prediksi sebelumnya. Manajemen Resiko ini sangat penting dalam melakukan investasi bagi pemula, karena mereka belum memiliki pengalaman dan wawasan di bidang investasi. Investor pemula seringkali menjadi korban rayuan agen investasi yang menawarkan harga saham atau modal awal investasi yang sangat rendah (bahkan di luar kewajaran).

Berikut berbagai tips manajemen resiko yang mungkin dapat membantu Anda :

1. Jangan terprovokasi oleh pemberitaan tentang kondisi perekonomian dimana saat kondisi perekonomian dilaporkan memburuk, biasanya akan terjadi panic selling, dimana para investor berlomba-lomba untuk menarik uang mereka sebelum kepailitan (yang diberitakan) terjadi. Padahal, dalam keadaan seperti ini, harga saham atau bunga obligasi biasanya turun drastis. Akibatnya banyak investor menderita capital loss.

2. Usahakan tidak menumpuk modal anda di satu tipe investasi. Anda bisa memvariasikan jenis investasi yang Anda pilih. Contohnya untuk obligasi, anda bisa mengambil satu varian yang beresiko tinggi (dengan peluang profit yang besar) dan satu varian yang resikonya rendah (dengan peluang profit yang lebih rendah pula). Dengan taktik seperti ini, anda tidak akan kehilangan seluruh uang anda saat hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

3. Jangan ragu untuk bermain investasi yang aman, terutama jika Anda bukan tipe orang yang suka berspekulasi demi mengejar profit besar. Jika investasi Anda bertujuan untuk jaminan masa tua atau pendidikan anak, tidak ada salahnya Anda bermain di zona aman untuk mengurangi faktor resiko.

BACA JUGA: Berbagai Tips Mudah Wawancara Kerja Agar Lolos

2 thoughts on “Berbagai Tips Sederhana Melakukan Investasi Bagi Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *