manfaat ikan tuna

Manfaat Ikan Tuna yang Tidak Boleh Dilewatkan

KESEHATAN

BERBAGAI TIPS – Ikan tuna merupakan ikan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Ikan tuna mengandung asam lemak omega-3, dan banyak nutrisi lainnya seperti protein, vitamin, dan zat besi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Ikan tuna mirip dengan ikan salmon. Salah satu perbedaan yang paling ketara adalah warna daging. Daging ikan salmon berwarna oranye terang, sementara ikan tuna berwarna merah cerah yang sekilas sama dengan daging sapi. Meski demikian, mengonsumsi ikan tuna tidak boleh berlebihan, karena ikan tuna tergolong kedalam jenis ikan yang mengandung merkuri tinggi.

Beragam Manfaat Ikan Tuna

Pada umumnya, ikan tuna dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti sushi ataupun steak. Zat gizi yang ada di dalam daging tuna ini sangat bagus juga dalam menjaga kesehatan jantung. Berikut beragam manfaat ikan tuna bagi kesehatan, antara lain:

1) Menurunkan Kolesterol Jahat

Ikan tuna diyakini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan kadar trigliserida dalam tubuh. Hal ini tidak terlepas dari kandungan asam lemak omega-3 yang ada di dalam daging tuna.

2) Sumber Mineral

Ikan tuna merupakan salah satu ikan laut yang kaya akan mineral, khususnya magnesium, selenium, dan fosfor. Mineral bertugas untuk membantu kesehatan otot, saraf, menjaga detak jantung, menguatkan jaringan tulang, dan membantu mengatur pelepasan gula darah.

Mineral magnesium yang ada di dalam ikan tuna dibutuhkan lebih dari 300 reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh. Di sisi lain, selenium juga berfungsi untuk membantu tubuh menghasilkan zat antioksidan yang berguna dalam mencegah dan menangkal serangan radikal bebas.

Yang ketiga adalah fosfor. Fosfor merupakan mineral berfungsi untuk pertumbuhan dan perbaikan sel dan jaringan tubuh. Ketiga zat mineral penting ini dapat Anda dapatkan langsung sekaligus di dalam mengonsumsi ikan tuna.

3) Menjaga Kesehatan Otak dan Mata

Mengonsumsi ikan tuna secara teratur dapat mencegah penyakit Alzheimer dan mencegah penurunan daya ingat. Hal ini lagi-lagi karena asam lemak omega-3 dapat mencegah peradangan dan mengedarkan darah ke otak. Disamping itu, ikan tuna mengandung DHA yang merupakan asam lemak penyusun utama saraf otak (retina), sehingga dapat menjaga kesehatan mata.

4) Mendorong Kesehatan Reproduksi dan Tiroid

Sebelumnya, sudah dibahas akan kandungan mineral selenium yang ada di dalam daging ikan tuna. Dimana selenium ini ternyata dapat melindungi tubuh dari bahaya stress oksidatif, serta bermanfaat bagi kesehatan organ tiroid dan reproduksi.

5) Kaya Vitamin B6

Ikan tuna terutama jenis yellowfin dan albacore mengandung vitamin B6 yang tinggi. Salah satu manfaatnya ialah membantu meningkatkan produksi hemoglobin. Hemoglobin berfungsi untuk menangkap dan membawa oksigen dalam darah ke seluruh jaringan tubuh yang memerlukan oksigen. Oksigen yang tidak cukup, fungsi dari jaringan tersebut akan menurun dan membuat tubuh menjadi lemas dan mudah lelah.

Vitamin B6 ini juga berfungsi untuk menjaga sel otak dan sel dalam sistem sataf serta membantu tubuh memproduksi hormon serotonin yang berguna sebagai pengatur mood Anda, dan norepineprin yang membantu tubuh dalam mengatasi stres.

Untuk mendapatkan manfaat ikan tuna yang maksimal dan mencegah resiko kelebihan merkuri, konsumsilah ikan tuna dalam jumlah yang pas yakni tidak lebih dari 150 gram atau tdak lebih dari 2-3 porsi dalam seminggu. Khusus untuk ibu hamil dan anak-anak, hanya diperbolehkan mengonsumsi ikan tuna dua kali dalam seminggu.

BACA JUGA: MANFAAT IKAN LAUT BAGI KESEHATAN TUBUH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *