Berbagai Tips Aman Menerjang Banjir dengan Mobil

OTOMOTIF

Cara Aman Menerjang Banjir dengan Mobil

BERBAGAITIPS – Sering kali kita melihat genangan air yang tinggi atau banjir di jalanan kala musim hujan tiba. Nah, kali ini kita akan membagikan berbagai tips aman dalam menerjang banjir dengan mobil.

Kenali Mobil yang Dikendarai

menerjang banjir dengan mobil
Kenali Mobil yang Dikendarai

Tips pertama ini ialah Anda harus mengenali mobil jenis apa yang Anda kendarai dalam menerjang banjir dikarenakan hal ini sangat penting untuk melihat posisi exhaust / knalpot karena setiap jenis kendaraan memiliki posisi knalpot yang berbeda – beda contohnya untuk mobil jenis city car / sedan tentunya air akan terjangkau terlebih dahulu dari pada mobil jenis SUV.

Jaga Posisi Transmisi

Tips kedua ini juga sangat penting bagi Anda dalam menerjang banjir dengan mobil. Jaga posisi transmisi Anda pada gigi 1 ataupun 2, dan L untuk mobil matic.

Cek Putaran Mesin (RPM)

menerjang banjir dengan mobil
Cek Putaran Mesin – RPM

Untuk tips ketiga, Anda harus menjaga putaran mesin dalam menerjang banjir dengan mobil. Pastikan posisi RPM tidak terlalu rendah agar mesin tidak mati / padam dan juga tidak terlalu tinggi agar daya hisap udara dari mesin tidak besar dan memungkinkan air masuk kedalam mesin. RPM yang di sarankan dalam menerjang banjir dengan mobil ialah di angka 1500 – 2000 RPM.

Jaga Jarak

Tips berikutnya ialah jaga jarak berkendaraan Anda dengan mobil yang ada di depan Anda. Jika jarak mobil Anda dengan mobil yang ada di depan Anda, sebaiknya Anda disarankan untuk tetap diam terlebih dahulu dibandingkan dengan tetap menggerakan mobil Anda dikarenakan kecepatan konstan itu sangat penting karena Anda tetap harus menjaga RPM tetap stabil.

Ikuti Gelombang Air

Nah, tips ini juga berguna bagi Anda dalam menerjang banjir dengan mobil, dimana Anda tidak perlu memotong kendaraan yang berada di depan malahan alangkah bagusnya kita mengikuti gelombang air yang diciptakan mobil di depan kita karena gelombang ini akan bergerak maju searah serta dengan kecepatan tertentu dan meninggalkan celah air lebih dangkal di belakangnya.

Keringkan Rem

Jadi setelah Anda menerjang banjir dengan mobil, piringan rem akan basah dan daya tahannya akan turun. Nah, Anda disarankan untuk tidak melakukan penambahan kecepatan yang tinggi setelah menerjang banjir, malahan harus mengeringkan piringan rem terlebih dahulu dengan cara menginjak pedal rem sedikit diiringi pedal gas bersamaan selama lebih kurang 20 detik.

BACA JUGA: Berbagai Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung

3 thoughts on “Berbagai Tips Aman Menerjang Banjir dengan Mobil

    1. Semoga bermanfaat 🙂 Jangan lupa subscribe untuk mendapatkan tips terupdate dari kami setiap harinya dan jangan lupa share juga ya, siapa tahu teman – temannya sedang ada yang membutuhkan tips.
      SALAM
      BERBAGAI TIPS ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *