Berbagai Tips Merawat Aki Mobil Agar Tetap Awet dan Tidak Mudah Soak

OTOMOTIF

Cara Mudah Merawat Aki Mobil

BERBAGAITIPS – Aki adalah salah satu komponen penting yang ada di dalam mobil. Fungsi aki ini yakni menyalurkan daya listrik ke komponen-komponen mobil lainnya. Dimana aki mobil tidak berfungsi sebagaimananya, maka kenyamanan pengendara dan penumpang mobil akan menjadi terganggu. Untuk mengantisipasi hal tersebut terjadi, berikut berbagai tips merawat aki mobil agar tetap awet.

Panaskan Mobil Secara Rutin

Memanaskan mobil adalah cara terbaik dalam merawat aki mobil agar tetap awet dan tidak mudah soak. Meski mobil jarang digunakan atau tidak digunakan sama sekali, memanaskan mobil menjadi hal yang wajib untuk dilakukan setiap hari. Mobil yang jarang dipanaskan atau tidak pernah dipanaskan, akan menyebabkan aki mudah rusak dan soak.

Periksa Terminal Aki

merawat aki mobil
Periksa Terminal Aki

Tips berikutnya untuk merawat aki mobil ialah memerika terminal aki secara berkala. Pada bagian tersebut, biasanya terjadi korosi. Bila ditemukannya korosi pada terminal aki positif dan negatif, segera bersihkan dengan dengan menyiram air panas ke terminal aki tersebut dan pastikan air panas tersebut tidak mengenai komponen yang lain. Korosi yang terjadi pada terminal aki akan menghambat aliran listrik yang di salurkan aki ke komponen-komponen mobil lainnya. Pastikan juga terminal aki terkunci dengan kencang.

Matikan Beban Kelistrikan saat Menghidupkan dan Mematikan Mobil

Cara lain dalam merawat aki mobil ialah dengan menjaga beban kelistrikan di dalam mobil, seperti AC, lampu, dan audio dalam kondisi padam sebelum menghidupkan atau mematikan mobil agar beban aki tidak terlalu berat. Contoh seperti pada saat Anda sedang memarkirkan mobil dan sedang bosan dan panas, Anda menghidupkan AC dan audio dengan posisi kunci kontak “ON”. Untuk kebiasaan seperti ini, AC mobil akan cepat soak.

Pilih Air Aki Dengan Benar

merawat aki mobil
Perbedaan Air Aki Botol Merah dan Biru

Biasanya di pasaran, Anda akan menemui 2 jenis air aki, yakni yang botol berwarna biru dan merah. Dengan memilih air aki yang benar akan membantu merawat aki mobil Anda lebih awet dan tidak mudah soak. Aki dalam botol merah atau disebut Accu Zuur berisi H2SO(Asam Sulfat). Aki dalam botol merah ini disediakan untuk mengisi aki baru yang berada dalam keadaan kosong dan belum ada airnya.

Sedangkan aki dalam botol biru berisi air murni atau H2O. Aki dalam botol biru ini disediakan untuk mengisi air aki yang sudah berkurang. Hindari menambahkan aki dalam botol merah sebab akan menyebabkan meningkatnya kadar H2SO4 dan performa aki menurun.

Cek Berkala Elektrolit pada Aki

Langkah berikutnya merawat aki mobil ialah Anda diwajibkan mengecek jumlah Elektrolit pada aki karena Jumlah elektrolit yang kurang menyebabkan sel baterai cepat rusak, sedang jumlah elektrolit berlebihan menyebabkan tumpahnya elektrolit saat batarai panas akibat pengisian atau pengosongan berlebihan. Akibat proses penguapan saat pengisian memungkinkan jumlah elektrolit berkurang, untuk menambah jumlah elektrolit yang kurang cukup dengan menambah H2O (Air) atau terjual dengan nama Air Accu atau H2SO(Asam Sulfat).

BACA JUGA: BERBAGAI TIPS AMPUH DAN MUDAH MERAWAT MOBIL MATIC

2 thoughts on “Berbagai Tips Merawat Aki Mobil Agar Tetap Awet dan Tidak Mudah Soak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *