Berbagai Tips Ampuh dan Mudah Merawat Mobil Matic

OTOMOTIF

Merawat Mobil Matic Sangatlah Mudah

BERBAGAITIPS – Di zaman yang modern ini, mobil matic sangat di gemari terutama wanita karena memberikan kemudahan dan kenyamanan yang cukup baik dalam pengoperasiannya. Namun banyak yang mengatakan bahwa perawatan mobil matic sangat mahal dan membutuhkan sedikit perawatan lebih ketimbang mobil manual. Untuk menyikapi hal tersebut, BERBAGAITIPS akan memberikan tips-tips sederhana untuk merawat mobil matic.

Melakukan Service Berkala

Banyak orang yang mengabaikan service berkala dalam merawat mobil matic mereka, padahal melakukan service berkala ini tidak memerlukan biaya apapun alias GRATIS sampai dengan batas jarak tempuh yang di tentukan atau lamanya pemakaian mobil berapa tahun tergantung dari masing-masing produsen. Service berkala akan hanya di kenakan biaya seperti pergantian oli, pergantian saringan oli, dan lain sebagainya dimana melakukan pergantian-pergantian tersebut demi meningkatkan kenyaman dalam mengendarainya.

Mengganti Oli Mesin & Transmisi

merawat mobil matic
Mengganti Oli Mesin dan Tranmisi Berkala

Tips merawat mobil berikutnya ialah melakukan pergantian oli mesin dan transmisi. Berbeda dengan mobil manual yang hanya melakukan pergantian pada oli mesin. Oli mesin dan transmisi ini sangat penting dan harus di ganti secara berkala.

Untuk oli mesin biasanya di ganti setiap 6 bulan atau setiap jarak tempuh 10.000km tergantung mana yang tercapai dahulu. Sedangkan untuk oli transmisi, diwajibkan dilakukan pergantian bila sudah menempuh jarak minimal 25.000km dan maksimal 50.000km.

Untuk melakukan pergantian oli transmisi, lebih di sarankan dilakukan pada bengkel-bengkel yang sudah terjamin dalam beberapa tahun belakangan atau dapat melakukan pergantian di bengkel produsen mobil Anda (contohnya mobil brand Toyota, Anda dapat melakukan pergantian oli matic ini di bengkel resmi Toyota) dikarenakan setiap mobil menggunakan pelumas matic yang berbeda-beda.

Panaskan Mobil Sebelum Digunakan

Dalam merawat mobil matic, sangat di rekomendasikan untuk memanaskan mobil dahulu sebelum digunakan. Memanaskan mobil adalah suatu hal yang terdengar sepele, namun memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan mobil Anda, dimana bertujuan untuk memacu mesin dan keseluruhan sistem yang ada pada mobil matic Anda. Bila mobil matic jarang di panaskan akan cukup beresiko, seperti kerusakan mesin, kerusakan sistem transmisi, dan mobil tidak bisa di starter.

Gunakan Tuas Transmisi / Persneling dengan Benar

merawat mobil matic
Gunakalah Tuas Transmisi Dengan Benar

Cara merawat mobil matic lainnya yaitu gunakanlah tuas transmisi / persneling dengan benar. Jangan gunakan “P” pada saat Anda berhenti, gunakanlah mode “N” dan mengangkat rem tangan pada saat Anda berhenti di traffic light, macet, dan lain sebagainya, dan gunakan mode “P” hanya pada saat Anda memarkirkan mobil. Dan jangan menggunakan mode “D” pada saat Anda memarkirkan mobil lalu mematikan mobil secara paksa. Jika Anda keliru, maka sistem transmisi akan cepat rusak dan tentunya akan memakan harga yang mahal untuk memperbaikinya serta Anda juga harus menunggu dengan waktu yang lama.

Test Jalan pada Mobil

Langkah mudah berikutnya dalam merawat mobil matic ialah Anda sebagai pemilik mobil, tidak di sarankan hanya untuk memanaskan mobil saja, tapi harus juga di jalankan di jalanan, contohnya di jalanan komplek kalau sedang malas membawa mobil. Ini dimaksudkan untuk ketika Anda mengendarai mobil Anda, tentunya Anda akan memindahkan tuas transmisi / persneling. Nah, pada saat Anda melakukannya, dengarkan suara-suara yang muncul, apakah ada suara yang aneh atau tidak. Jika terdengar suara yang aneh, silahkan untuk membawa mobil matic Anda ke bengkel-bengkel resmi terdekat.

BACA JUGA: BERBAGAI TIPS AMAN MENERJANG BANJIR DENGAN MOBIL

2 thoughts on “Berbagai Tips Ampuh dan Mudah Merawat Mobil Matic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *