melakukan bench press

Teknik Melakukan Bench Press dengan Benar dan Tepat

LAIN - LAIN

BERBAGAITIPS – Melakukan bench press harus dilakukan dengan menggunakan teknik yang benar dan latihan ini merupakan salah satu latihan yang dapat dilakukan untuk mendapatkan otot dada yang ideal. Untuk jenis latihan ini, Anda dapat melakukannya di gym, karena dibutuhkan sarana dan prasana khusus dalam melakukannya.

Latihan bench press cukup populer karena efektif dalam membentuk otot dada. Latihan ini memungkinkan tubuh bagian atas berkontraksi dengan maksimal, sehingga pertumbuhan otot meningkat lebih cepat. Berikut beberapa teknik melakukan bench press dengan benar:

Kaki Rapat dengan Lantai saat Melakukan Bench Press

Kaki mempunyai peran yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan tubuh. Dalam melakukan latihan apapun, atau kondisi apapun seperti berdiri, berjalan, dan sebagainya, kaki memiliki peran yang penting. Saat melakukan latihan bench press ini, koordinasi dan kekuatan harus diperhatikan, salah satunya dengan merapatkan kaki dengan lantai.

BACA JUGA: BERBAGAI TIPS SEDERHANA MENJAGA KESEHATAN JANTUNG

Badan Rapat ke Bench

Dengan merapatkan seluruh badan ke bench, mulai dari punggung, pantat, dan bahu, Anda dapat mencapai stabilitas dan keseimbangan tubuh yang maksimal. Dengan demikian, Anda akan lebih maksimal mendapatkan manfaat dari melakukan latihan bench press ini.

Terapkan Full Range of Motion

Teknik ini harus Anda terapkan pada setiap latihan kecuali untuk latihan perut. Karena pada saat menurunkan beban, Anda tidak menurunkannya hingga menyentuk dada. Dengan demikian, otot dada malah akan kurang terlibat dalam latihan yang tujuannya untuk melatih dada ini. Jadi Anda dapat melakukan gerakan ini secara penuh agar mendapatkan manfaat yang maksimal dari latihan Anda.

Pergelangan Tangan Tetap Lurus

Anda harus menjaga agar pergelangan tangan tetap lurus untuk mengurangi tekanan pada ligamen-ligamen di pergelangan tangan. Sebelum melakukan latihan, Anda disarankan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu atau anda dapat menggunakan grip pada pergelangan tangan Anda.

Atur Nafas

Teknik lain yang tidak kalah penting dalam melakukan bench press ialah mengatur nafas. Setelah Anda menghembuskan nafas, maka tekanan dalam rongga dada akan turun. Dan ini tidak hanya akan meningkatkan resiko cedera, tetapi juga akan menurunkan kekuatan. Ambil nafas pada puncak latihan yaitu pada saat lengan Anda terkunci.

Fokuslah pada Dada

Melakukan bench press melihatkan 3 otot utama, yakni dana, bahu, dan tricep. Meskipun demikian, otot dada-lah yang paling dominana. Jangan telralku menekan bahu dan lengan saat melakukan bench press. Cobalah untuk menekan dada tiap repetisi yang Anda lakukan agar otot dada benar-benar dilatih dalam latihan ini.

BACA JUGA: MANFAAT MINUM AIR PUTIH BAGI KESEHATAN TUBUH MANUSIA

3 thoughts on “Teknik Melakukan Bench Press dengan Benar dan Tepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *