tips memilih antivirus

Tips Memilih Antivirus yang Tepat Untuk PC

TEKNOLOGI

BERBAGAI TIPSAntivirus adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengamankan, medeteksi, dan menghapus virus dari komputer yang dapat menganggu sistem kinerja komputer. Tips dalam memilih antivirus ini juga tidaklah sulit. Umumnya, antivirus ini juga berjalan dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang dibuka, di modifikasi, atau ketika disimpan).

Pada dasarnya, semua program antivirus yang terupdate dengan baik, dapat melindungi komputer Anda dengan baik juga. Memilih sebuah antivirus seperti memilih sebuah motor, dimana ada yang mengatakan bahwasannya Yamaha lebih bagus karena tarikannya kencang, ada yang mengatakan Honda lebih baik karena bandel dan harga jualnya yang tinggi. Jadi, semuanya juga kembali kepada diri Anda sendiri, mana yang lebih baik menurut Anda.

Tips Memilih Antivirus yang Tepat

Berikut ini, ada beberapa tips dan kriteria yang dapat Anda jadikan sebagai sebuah pertimbangan dalam memilih antivirus, antara lain:

1) Memiliki Proteksi Menyeluruh

Jenis dan varian virus yang ada sangat banyak dan terus berkembang sehingga dibutuhkan antivirus yang mampu memberikan proteksi dan membasmi virus yang ada. Varian virus tersebut adlaah trojan, worm, spyware, ransomeware, dan apabila perlu memiliki kemampuan perlindungan terhadap serangan pada jaringan.

2) Selalu Update

Virus yang beredar semakin hari semakin banyak dan semakin beragam pula. Antivirus yang tidak ada pembaharuan atau jarang melakukan pembaharuan, tentunya tidak akan dapat memerangi virus yang ada dan selalu berkembang untuk masuk ke dalam sistem komputer. Maka dari itu, dipastikan antivirus yang Anda pilih selalu update secara berkala. Makin sering frekuensi update, semakin baik pula proteksi terhadap virus yang terus berkembang tersebut.

BACA JUGA: CARA AMAN BERINTERNET OLEH PARISA TABRIZ, SI HACKER CANTIK DI DUNIA

3) Memiliki Kemampuan Deteksi Malware yang Baik

Malware (Malicious Software) adalah program yang dirancang untuk merusak dengan menyusup kedalam sistem komputer. Jika antivirus kita tidak memiliki kemampuan mendeteksi malware yang baik maka penyebab terparah yang dapat ditimbulkan oleh adanya malware adalah kerusakan pada komputer Anda alias padam.

Untuk melihat hasil pengetesan malware atas semua produk antivirus yang dilakukan oleh banyak oraganisasi independen yang kompenten, Anda dapat melihatnya di Virus Bulletin RAP Averages Quadrant.

4) Proteksi Real Time

Sebuah antivirus yang baik harus memiliki proteksi real time dimana artinya bila ada ditemukan akses terhadap file yang berpotensi mengancam keselamatam sistem, maka antivirus harus dapat langsung sadar dan beraksi mempertahankan sistem dan membasmi ancaman yang datang.

BACA JUGA: BERBAGAI TIPS AGAR FLASHDISK AMAN DARI MALWARE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *